Home » » MANFAAT SETELAH BERHENTI MEROKOK

MANFAAT SETELAH BERHENTI MEROKOK

Mungkin ada beberapa pertanyaan bodoh yang sering diucapkan dari orang yang tidak pernah meraskan kecanduan roko
apa sih enaknya merokok?
apa sih susahnya berhenti merokok?
perokok itu bodoh duit koq dibakar?
perokok itu bodoh mau investasi koq penyakit jantung, investasi itu ya beli rumah, tanah, reksadana dll
dan masih banyak lagi pertanyaan bodoh tapi sebenarnya untuk menyindir perokok supaya berhenti, tapi kan berhenti merokok tidak mudah butuh jatuh bangun berkali-kali, saya sendiri sudah 2 tahun lebih berhenti merokok dan selama 10 tahun jadi perokok aktif, coba hitung sudah berapa uang yang saya buang dan sudah berapa sel-sel dalam tubuh ini yang mati sewaktu saya menjadi perokok. tapi itu tidak berlaku bagi perokok yang masih aktif sampai saat ini, tau kan semboyan para perokok "lebih baik nahan lapar daripada  tidak merokok seharian" yang pasti suatu saat mereka akan  dengan sendirinya berhenti merokok baik melalui penyakitnya atau meninggal secara mendadak akibat serangan jantung atau yangdikenal dimasyarakat dengan sebutan masuk angin duduk, makanya jarang bahkan tidak ada seorang wanita yang bukan perokok mati karena masuk angin duduk/serangan jantung akibat rokok pasti kebanyakan laki-laki.

Manfaat Berhenti Merokok
Katakanlah Anda seorang perokok jangka panjang. Apa manfaatnya bila Anda berhenti? Dua puluh menit setelah Anda berhenti merokok, tekanan darah Anda turun hingga normal. Seminggu kemudian, tubuh Anda bebas dari nikotin. Sebulan kemudian, berkuranglah batuk, hidung tersumbat, rasa lelah, dan napas terengah-engah. Setelah lima tahun, risiko Anda meninggal karena kanker paru pun merosot hingga 50 persen. Setelah 15 tahun, risiko Anda terkena penyakit jantung koroner merosot hingga setara dengan risiko orang yang sama sekali belum pernah merokok.
Makanan yang Anda santap terasa lebih nikmat. Napas, tubuh, dan pakaian Anda tidak akan berbau tak sedap. Anda tidak perlu lagi repot membeli tembakau. Anda merasakan kepuasan. Jika Anda punya anak-anak, teladan Anda akan mengurangi kemungkinan mereka menjadi calon perokok. Kemungkinan besar, Anda akan hidup lebih lama. Selain itu, Anda bertindak selaras dengan kehendak Allah, karena Alkitab mengatakan, ”Biarlah kita membersihkan diri dari setiap pencemaran daging.” (2 Korintus 7:1) Jangan merasa sudah terlambat untuk berhenti; semakin cepat Anda berhenti, semakin baik.

Mengapa Sulit Sekali Berhenti
Berhenti merokok memang sulit—bahkan bagi orang-orang yang bermotivasi tinggi. Alasan utamanya karena nikotin dalam tembakau adalah obat bius yang sangat mencandu. ”Dalam urutan sifat adiktif obat-obat psikotropika, nikotin terbukti lebih adiktif daripada heroin [dan] kokain,” kata WHO. Pengaruh nikotin tidak sedramatis heroin dan kokain, sehingga gampang disepelekan. Namun, perasaan euforia ringan yang dihasilkannya membuat orang-orang terus merokok agar dapat merasakannya lagi berulang-ulang. Nikotin memang mengubah suasana hati Anda; melipur kekhawatiran. Akan tetapi, rokok sebenarnya hanya mengurangi ketegangan yang justru dihasilkan oleh kecanduan nikotin itu sendiri.
Berhenti merokok juga sulit karena itu merupakan kebiasaan yang menjadi pola perilaku. Selain kecanduan nikotin, para perokok mengembangkan kebiasaan menyalakan rokok dan mengembuskan asapnya. ’Ini melibatkan tangan Anda.’ ’Ini menjadi pengisi waktu,’ kata beberapa orang.
Faktor ketiga yang mempersulit untuk berhenti adalah karena tembakau telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Industri tembakau mengeluarkan hampir enam miliar dolar setiap tahun untuk kampanye iklan yang melukiskan para perokok sebagai orang-orang yang mewah, aktif, sehat, dan cerdas. Sering kali, mereka tampak menunggang kuda, berenang, bermain tenis, atau melakukan kegiatan lain yang menarik. Film dan acara televisi menayangkan orang-orang yang sedang merokok—dan mereka ini tidak selalu penjahatnya. Tembakau dijual secara resmi dan tersedia hampir di mana saja. Kebanyakan dari kita selalu berada di dekat perokok. Anda tidak dapat lari dari pengaruhnya.
Kalau sakit kepala, Anda dapat minum aspirin, tetapi sayang sekali, tidak ada pil penawar hasrat merokok. Untuk berhasil menghentikan kebiasaan ini, seseorang harus punya motivasi. Seperti halnya menurunkan berat badan, dibutuhkan komitmen yang kuat untuk waktu yang lama. Si perokok bertanggung jawab untuk berhasil.

Kecanduan Sejak Muda
Sebuah penelitian di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa 1 dari 4 orang muda yang mencoba-coba merokok akhirnya menjadi kecanduan. Ini serupa dengan tingkat kecanduan orang-orang yang bereksperimen dengan kokain dan heroin. Meskipun kira-kira 70 persen perokok remaja menyesal karena mulai merokok, hanya sedikit yang sanggup berhenti.

Ada Apa di Dalam Asap Rokok?
Asap rokok mengandung tar, terdiri dari 4.000 lebih bahan kimia. Empat puluh tiga di antaranya dikenal sebagai penyebab kanker. Ini mencakup sianida, benzena, metanol, dan asetilena (bahan bakar obor). Asap rokok juga mengandung nitrit oksida dan karbon monoksida, keduanya adalah gas beracun. Komposisi aktif utamanya adalah nikotin, obat bius yang sangat mencandu.

Penyakit Jantung
Rokok juga merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung. Kematian seorang perokok akibat penyakit jantung lebih banyak dibanding kematian akibat kanker paru-paru. Bahkan rokok rendah tar atau rendah nikotin tidak akan mengurangi risiko penyakit jantung. Karena beberapa dari rokok-rokok yang menggunakan filter meningkatkan jumlah karbon monoksida yang dihirup, yang membuat rokok tersebut bahkan lebih buruk untuk jantung daripada rokok yang tidak menggunakan filter.
Nikotin yang dikandung dalam sebatang rokok bisa membuat jantung Anda berdebar lebih cepat dan meningkatkan kebutuhan tubuh Anda akan oksigen. Asap rokok juga mengandung karbon monoksida yang beracun. Zat beracun ini berjalan menuju aliran darah dan sebenarnya menghalangi aliran oksigen ke jantung dan ke organ-organ penting lainnya. Nikotin dapat mempersempit pembuluh darah sehingga lebih memperlambat lagi aliran oksigen. Itu sebabnya para perokok memiliki risiko terkena penyakit jantung yang sangat tinggi.

Kanker Paru-Paru
Asap rokok dari tembakau mengandung banyak zat kimia penyebab kanker. Asap yang diisap mengandung berbagai zat kimia yang dapat merusak paru-paru. Zat ini dapat memicu terjadinya kanker khususnya pada paru-paru. Kanker paru-paru merupakan kanker yang paling umum yang diakibatkan oleh merokok. Penyebaran kanker paru-paru dalam tubuh terjadi secara senyap hingga menjadi stadium yang lebih tinggi. Dalam banyak kasus, kanker paru-paru membunuh dengan cepat.
 
Lebih Cepat TuaHasil penelitian terhadap para perokok menunjukkan bahwa wajah para perokok pria maupun wanita lebih cepat keriput dibandingkan mereka yang tidak merokok. Proses penuaan dini tersebut meningkat sesuai dengan kebiasaan dan jumlah batang rokok yang dihisap. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa para perokok berat memiliki keriput pada kulit hampir lima kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok. Bahkan proses penuaan dini sudah dimulai bagi para remaja yang merokok seperti kulit keriput, gigi menguning, dan nafas tak sedap. 





 
Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Namitha Gallery - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger