Home » » UNIVERSITAS CIPUTRA

UNIVERSITAS CIPUTRA

 STRATEGI MARKETING

 TUGAS 1 ANALISIS 3C
1. Disini saya akan melakukan analisis 3C pada produk yang baru dirintis pada tahun ini dimana produk saya adalah jasa rental mobil. pertama saya akan membahas 3C yang pertama yaitu **Customer needs / kebutuhan konsumen**. sebelum membuka jasa rental mobil saya sudah lebih dulu melakukan observasi mengenai segmentasi pasar yang diinginkan, kerena usaha ini berhubungan dengan resiko yang cukup besar yaitu penggelapan mobil maka untuk saat ini prioritas segmentasi pasar saya adalah orang yang hanya dikenal saja seperti teman-teman saya, teman-teman istri dan orang2 rumah sakit ditempat istri bekerja/ orang lain yang direkomendasikan oleh teman yang bisa dipercaya. walaupun target pasar hanya orang-orang yang dikenal saja tapi untuk menjangkau pasar yang luas dan memperkenalkan usaha saya untuk jangka menengah dan kedepannya maka saya tetap melakukan promosi seperti pada umumnya yaitu melalui media **Facebook, Fanspage, Kaskus, Blog, Google+, Email ,Blackberry Messenger, Canfasing kartu nama**, **Koran**. kenapa saya lakukan promosi begitu luas mengingat target pasarnya hanya orang-orang yang dikenal saja karena menurut hemat saya, saya ingin nama usaha ini dikenal banyak orang dan target sasaran saya jika management dan sistem sudah berjalan dengan baik maka target market berikutnya adalah orang-orang yang tidak dikenal dan perusahan-perusahaan  yang membutuhkan jasa kita. adapaun kebutuhan pasar akan permintaan jasa rental mobil mengingat harga mobil diluar sana cukup mahal maka dari itu saya memberikan solusi bagi customer yang membutuhkan mobil dengan mobil yang baru, harga sewa terjangkau, pelayanan ramah, sopir professional dan ada paket sewa jam paling pendek untuk dalam kota. jadi tidak harus menyewa 12 jam jika konsumen sebenarnya hanya membutuhkan waktu sewa 3-4 jam saja. jadi saya tau sekali apa kebutuhan customer dan saya tau sekali solusinya.

Analisis 3C yang kedua adalah Company / perusahaan
Dikarenakan saat ini usaha masih tergolong kecil karena target pasar hanya orang-orang yang dikenal maka usaha saya belum punya sistem dan mangement yang baik, mengingat masih terbatasnya SDM dan infrastruktur yang ada karena masih saya kelola sendiri dari awal mendirikan sampai mendapatkan customer dengan dana yang terbatas, tapi untuk masalah pelayanan dan harga saya berani bersaing memberikan yang terbaik dan yang pasti professional karena motto usaha saya "kepuasaan pelanggan adalah kebahagiaan kami"

Analisis 3C yang Ketiga adalah Kompetitor
dalam usaha jasa ini saya tergolong baru dan datang sebagai penantang dengan para entrepreneur yaang lebih dulu ada, dikarenakan saya pendatang baru maka saya akan memberi sesuatu yang lebih kepada konsumen dibandingkan para kompetitor yaitu dengan harga yang relatif murah dan jam sewa yang relatif singkat, jadi jika usaha rental mobil diluar sana hanya bisa memberikan harga sedikit mahal dan waktu sewa paling singkat 12 jam maka saya tawarkan sesuatu yang baru dimana harga sedikit lebih murah dan jam sewa paling singkat 6 jam untuk dalam kota, jika diluar sana para pengusaha rental mobil sebagian tidak bersedia lepas kunci maka saya bersedia lepas kunci pada konsumen sekalipun belum dikenal dengan persyaratan yang relatif cukup ketat.
2. yang jadi masalah dalam permasalah produk usaha saya adalah tidak mudahnya saya menyewakan mobil kepada konsumen yang rumahnya tidak satu kota dengan usaha saya berada, rumah masih kontrak dan mencari penyewa yang dapat dipercaya karena mengingat usaha ini sangat riskan dengan pencurian / penggelapan sementara disatu sisi saya ingin memasarkan produk jasa tersebut kesemua orang yang membutuhkan tanpa ada kecurigaan sama sekali. inilah yang menjadi masalah utama pemasarannya tidak bisa kesembarang orang jadi sifatnya terbatas. jadi menurut saya kalau dalam pemasaran sifatnya terbatas berarti usaha tersebut sulit berkembang jika belum menemukan solusinya baik dari sistem maupun management

3. alamat url blog tugas saya: http://anugerahrentcar22.blogspot.co.id/

 TUGAS 2 ANALISIS SWOT
pada tugas minggu 2 ini saya akan membahas analisis swot pada usaha rental mobil yang saya jalankan mulai awal tahun ini. yang pertama saya akan bahas masalah internal dulu yaitu strength/kekuatan, diamana usaha yang saya jalankan ini masih baru tapi diluar sana sudah banyak usaha rental mobil terutama rental rumahan,dan usaha yang saya jalankan sekarang juga rental mobil rumahan jadi saya akan menganalisis berdasarkan usaha yang sama dan level yang sama yaitu rental mobil rumahan. yang menjadi strength/kekuatan pada usaha saya ini dibandingkan kompetitor adalah masalah kondisi kendaraan yang bersih, wangi,berasuransi, usia mobil tidak lebih dari 3 tahun dan nyaman saat dikendarai terutama untuk jarak jauh.sementara untuk weakness/kelemahan yaitu di harga sewa yang saya tawarkan lebih tinggi dari kompetitor yaitu Rp. 300.000/24 jam sedangkan kompetitor Rp. 250.000/jam, tapi saya yakin sekalipun harga yang saya tawarkan lebih tinggi tapi dengan kondisi mobil yang prima seperti saya sebutkan diatas pasti konsumen tidak akan keberatan dikarenakan hampir setiap konsumen mencari mobil yang tahun muda dan nyaman dikendarai walaupun mngeluarkan budget lebih mahal sedikit. untuk itu kelemahan yang saya miliki tidak begitu berarti jika dibandingkan dengan kondisi barang yang saya tawarkan. namun ada 1 hal yang sangat menjadi kelemahan usaha saya yaitu ketika permintaan banyak tapi stok kendaraan hanya sedikit dibandingkan kompetitor maka untuk kelemahan ini saya belum bisa follow up mengingat terbatasnya modal atau relasi yang mau diajak kerja sama untuk penambahan unit baru.
berikutnya saya akan analisis masalah external yaitu oppurtunities/peluang, dimana usaha ini sangat besar peluangnya dikarenakan hampir semua orang pasti membutuhkan yang namanya mobil untuk melakukan perjalanan bersama keluarga/acara kantor. sementara daya beli masyarakat untuk memiliki sebuah mobil yang harganya ratusan juta masih sedikit dengan begitu jasa usaha rental mobil sangat berpeluang besar.
selanjutnya saya akan bahas faktor external beriktunya yaitu threats/ancaman, untuk ancaman usaha ini datangnya hanya dari konsumen yang tidak dapat dipercaya yaitu yang melakukan penggadaian/penggelapan mobil rental. untuk menyiasati ancaman ini maka harus diminimalis dengan memeberlakukan persyaratan dan regulasi yang cukup ketat, yaitu dengan cara wajib tinggal KTP, FC SIM, FC KK, FC rekening listrik, meninggalkan kendaraan roda 2 beserta stnk sebagai jaminan dan bersedia disurvey dan dicocokkan dengan dokumen aslinya sedangkan untuk kendaraan nya sendiri bisa dipasang GPS tracker untuk bisa dipantau terus menerus posisi kendaraan tersebut. dengan adanya persyaratan yang demikian maka bisa diminimalis segala kemungkinan resiko yang ada, dan persyaratan tersebut ditujukkan terutama orang yang tidak kenal.


TUGAS 3 ANALISIS STP 
analisis usaha rental mobil berdasarkan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
pertama saya akan bahas masalah segmentation/segementasi pasar untuk usaha jenis rental mobil, untuk usaha ini segmentasi pasarnya  secara demografis adalah dewasa dan orang tua atau lebih gampangnya orang yang sudah mempunyai SIM A untuk mengemudi bisa perempuan/laki-laki baik yang berprofesi sebagai mahasiswa, karyawan maupun wiraswasta dll. sedangkan secara geografis usaha ini sangat cocok dilakukan didaerah perkotaan terutama kota besar atau kota wisata atau kota industri, maka dari itu saya melihat dari segi geografis sangat layak jika usaha ini saya lakukan mengingat lokasi usaha ini dikota besar dan dekat dengan tempat wisata maupun kota industri untuk wilayah dijawa tengah. sedangkan jika dilihat dari life style pada era ini hampir semua manusia dikota membutuhkan sesuatu yang instan termasuk dalam memilih transport buat berpergian baik untuk acara keluarga ,kantor dll tapi tidak semua orang dikota punya mobil jadi saya rasa layak jika usaha ini dijalankan dikota ini mengingat life style dikota lebih tinggi daripada didesa karena segemntasinya jelas yaitu orang kantoran/acara keluarga dan wisata.

kedua saya akan bahas masalah targeting, untuk targeting sedikit sudah dijelas pada segmentation yaitu orang kantoran/acara keluarga dan wisata dikarenakan usaha ini adalah usaha rumahan karena dimulai baru dengan 1 atau 2 mobil saja maka dari sekian market dan target yang ada saya hanya fokus kepada orang-orang yang dikenal saja atau penyewa yang direkomendasikan dari teman sedangkan untuk target pasar orang yang tidak dikenal saya berlakukan persyaratan yang selektif dengan tujuan meminimalisir penggelapan mobil bagi yang mau lepas kunci sedangkan bagi yang ingin menggunakan sopir dari pihak rental cukup syarat FC KTP saja buat administrasi.

ketiga saya akan bahas masalah positioning, untuk positioning produk jasa rental tersebut dalam posisi yang wajar dibenak masyarakat karena harga sewa kendaraan diluar sana antara 250-300 ribu/24 jam sedangkan saya menerapkan pada harga 300ribu/24jam dikerenakan mobil keluaran terbaru tahun 2016 dengan begitu pasti mobil tersebut nyaman digunakan apalagi untuk perjalanan jauh jadi tidak perlu kwatir akan kerusakan pada saat diperjalanan. ada harga ada kualitas, mungkin setelah mobil tersebut memasuki tahun kedua saya akan buat harga baru 250/24 jam tapi tetap dengan pelayanan yang sama yaitu mobil bersih,wangi dan nyaman dikemudikan.   


TUGAS 4 ANALISIS 4P
Marketing MIX (4P), 4P yang pertama adalah price/harga, kenapa saya memilih harga 300 ribu/24 jam sedangkan diluar sana bnyak juga yang memasang tarif 250 ribu/24 jam karena mobil yang saya gunakan untuk usaha ini tergolong baru yaitu keluaran tahun 2016 dengan begitu saya yakin para penyewa umumnya pasti lebih memilih kendaraan yang baru daripada keluaran tahun lama karena penyewa pasti membutuhkan kendaraan yang nyaman saat dikemudikan terutama untuk jarak jauh meskipun perbedaan harga tidak begitu signifikan yaitu 50 ribu. pada tahun berikutnya yaitu ditahun kedua saya akan turunkan harga sewa menjadi 250 ribu/24 jam. 4P yang kedua adalah promosi, promosi yang saya lakukan saat ini yaitu dengan membuat blog, promosi di facebook,fanspage,google plus, broadcast di BBM, membuat kartu nama,promo di kaskus,diolx,dan promo dari teman keteman. untuk langkah awal dengan menggunakan media promosi tersebut diatas saya yakin sudah cukup membantu dan bisa menginformasikan kebanyak orang. 4P yang ketiga adalah place, saat ini place yang saya gunakan adalah tempat tinggal saya karena promosi saya kebenyakan menggunakan media online saya rasa masalah tempat tidak begitu berpengaruh karena tanpa tau tempatnya mereka tetap bisa mendapatkan informasi mengenai usaha saya mengingat sekarang semua orang pasti terhubung dengan internet. dan adapun cara offline itu hanya berbagi kartu nama dengan orang-orang yang dikenal saja untuk mempromosikan blog usaha saya dan agar berbagi keteman-temannya lagi. 4p yang keempat adalah Product, untuk product sendiri saya untuk kedepannya saya akan selalu gunakan kendaraan baru bisa dikatakan saya tidak akan menggunakan mobil tersebut lebih dari 4 tahun untuk disewakan dan dari segi pelayanan saya pastikan mobil tersebut selalu bersih, wangi dan selalu rutin service secara berkala supaya penyewa tidak perlu kwatir akan kondisi kendaraan saat digunakan dalam perjalanan. 


KEJAR TARGET
 
KEJAR TARGET (TUGAS 1)
1. JOE GIRARD adalah pria keturunan sisilia yang lahir di Detroit, Michigan Amerika Serikat. Joe Girard pria kelahiran Detroit, Michigan ini akhirnya mencatatkan namanya didalam Guinness Book of World Records sebagai penjual mobil nomor wahid didunia. Dan beliau diberi gelar "The World Greatest Salesman". Rekornya menjual mobil secara personil atau eceran dalam satu tahun hingga saat ini belum terpecahkan, entah sampai kapan mungkin menunggu anda memecahkannya. Joe Girard menjual mobil di Detroit Amerika Serikat sekitar tahun 60-an dan rekornya adalah 1.425 buah mobil dalam satu tahun. Fantastis, bombastis dan fenomenal. Disaat salesman-salesman lain hanya menjual 4-5 mobil per bulan si mantap Joe bisa menjual 4-5 buah mobil per hari. Dan selama berkarir dia sudah menjual 13.001 mobil baru secara personil atau eceran.
13 aturan buat para sales agar berhasil menurut Joe Girard, yaitu:
  1. Simpan masalah untuk diri sendiri. Jangan perlihatkan kepada orang lain atau konsumen. Usahakan agar konsumen selalu melihat Anda bahagia.
  2. Kelola hidup Anda dengan baik. Jangan pernah mengatakan lupa pada orang lain atau konsumen. Oleh karena itu, milikilah sebuah buku agenda khusus untuk perjanjian atau hal-hal penting dari konsumen.
  3. Catat kejadian hari ini dan tulis rencana besok. Kalau Anda tahu mau berbuat apa besok, yakinlah itu akan tercapai.
  4. Bekerjalah pada waktu seharusnya Anda bekerja. Jangan sekali-kali mengorbankan waktu kerja untuk urusan lain seperti menonton teve atau bermain golf. Jangan pernah berlama-lama istirahat makan siang.
  5. Sesuaikan pakaian Anda dengan calon pelanggan atau konsumen. Kalau mereka adalah pekerja biasa, jangan sekali-kali menggunakan baju atau barang bermerek yang mahal. Bisa-bisa mereka sudah membatalkan pembelian sebelum Anda menawarkan.
  6. Ingat aturan TABU GIRARD saat berhadapan dengan klien: tidak merokok, tidak mengunyah permen karet, tidak menggunakan minyak wangi berlebihan, tidak menggunakan anting di telinga (buat pria), tidak menerima panggilan handphone, dan yang paling UTAMA jangan pernah terlambat.
  7. Dengarkanlah. Ya, dengarkanlah apa yang dikatakan konsumen. Jadilah pendengar yang baik, karena mereka sangat menyukai orang yang mampu menjadi pendengar. Makin banyak mendengar, kian banyak bisnis buat Anda. Dalam hal ini, diam adalah emas.
  8. Jangan lupa untuk memberikan senyuman kepada pelanggan. Sangat mudah tapi kadang terlupakan.
  9. Kembangkan sikap positif. Sikap-sikap yang positif akan membantu Anda menjalani profesi sales.
  10. Balaslah semua telepon, sms, atau email dari pelanggan sesegera mungkin. Jangan pernah mengabaikan mereka.
  11. Selalu berbicara yang benar. Jangan pernah sekali-sekali berbohong. Sekali berbohong, maka selamanya Anda akan dianggap sebagai pembohong.
  12. Jual dengan harga sewajarnya. Jangan mengambil untung terlalu banyak. Pelanggan selalu suka membanding-bandingkan. Jika mereka tahu harga jual Anda lebih tinggi maka mereka tidak akan memilih Anda. Girard selalu menawarkan mobil dengan harga terbaik.
  13. Jadikan diri Anda di depan produk atau jasa yang Anda berikan. Dan yang terpenting adalah layani pelanggan. Puaskan mereka sehingga melakukan repeat order. Pelajari setiap transaksi penjualan. Pasti ada nilai-nilai yang bermanfaat. Biasanya konsumen yang bertransaksi dengan Anda sedang mempertaruhkan kepercayaannya pada Anda. Jika dia sudah percaya, maka dia akan berbisnis dengan Anda selamanya.
2. JOE KAMDANI lahir di Bogor, Jawa Barat, 15 Januari 1937. Tahun 1940, dia mengikuti orangtuanya hijrah ke Jakarta dan tinggal di kawasan Kwitang. Usai menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA, dia pernah kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) di Jakarta. Namun, ia hanya bertahan setahun.
Tahun 1969, Joe mendirikan perusahaan penjualan alat kantor dengan nama PD Matahari. Namun, 10 tahun kemudian nama itu diubah jadi PT Datascrip, yang berkembang hingga sekarang. PT Matahari Alka didirikan tahun 1975.
Prinsip dasar Joe Kimdani : 1. Membangun "Kesuksesan di atas kesuksesan" orang lain. 2. Care, yakni Customer interest first, Attentive, Responsive, Efficient. Ini adalah sikap kita yang mendahulukan kepentingan pelanggan dengan penuh atensi yang diikuti dengan respon dan efisien. 3. Smile (Share, Motivate, Improve, Lead, Efficient) adalah sikap kita dalam bergaul diantara teman manajemen. 4. Cocococo, yakni bekerja dalam teamwork yang mengacu pada Coordination, Communication, Cooperation, Commitment. “Kepemimpinan sangat rapat hubungannya dengan komunikas

3. CHAIRUL TANJUNG seorang pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1962 adalah salah satu pengusaha sukses yang berasal dari tanah air kita, Indonesia. Beliau pendiri sekaligus pemimpin, CT Corp (sebelum 1 Desember 2011 bernama Para Group). Belakangan ini disebut-sebut sebagai salah satu pengusaha sukses yang memiliki jumlah kekayaan yang luar biasa. Beliau masuk dalam jajaran 1000 orang terkaya di dunia, berada di urutan 937 dengan total kekayaan sebesar USD 2,1 miliar versi majalah Forbes.
Tiga kunci sukses Chairul Tanjung Dalam membangun bisnis: *Kerja Keras* “Seorang calon pengusaha tidak boleh cengeng dan mudah menyerah,” tegas Chairul Tanjung. Melihat potensi kekayaan alam Indonesia yang melimpah ruah, tentunya amat disayangkan bila kita tidak memanfaatkan kelebihan tersebut dengan maksimal. Karenanya, wajib hukumnya bagi setiap pengusaha untuk tetap menomorsatukan kerja keras dibandingkan memikirkan modal usaha. “Kita kebanyakan makan mie instan, sehingga segala sesuatunya juga mau instant,” ujar Chairul Tanjung sembari bergurau. Padahal kenyataannya beliau rela bekerja hingga lebih dari 18 jam untuk mewujudkan semua mimpinya yang terkadang dianggap orang lain berlebihan. Kerja Cerdas kerja cerdas 200x154 Kunci Sukses Chairul Tanjung Dalam Membangun Bisnis kerja cerdas Selain kerja keras, seorang pengusaha juga dituntut untuk bisa kerja cerdas. Sebab, ketika Anda terjun menjadi seorang entrepreneur, maka secara tidak langsung Anda juga harus bisa membuat perencanaan yang baik, mengambil keputusan dengan tepat, dan mengatasi semua kendala usaha dengan cerdas. Contoh nyata bisa kita lihat dari keberhasilan Chairul Tanjung yang menciptakan ide-ide segar dan mewujudkannya menjadi nyata. Seperti misalnya inovasi Trans Studio buatannya yang belakangan ini disebut-sebut sebagai taman bermain di dalam ruangan (indoor) terbesar di Indonesia. “Saya membeli masa depan dengan uang masa lalu.” tutur Chairul Tanjung yang dituliskan dalam buku “Si Anak Singkong”. Kerja Ikhlas Ketika Anda sudah bekerja keras dan bekerja cerdas, maka kunci sukses yang terakhir adalah kerja ikhlas. Setelah semuanya Anda kerjakan dengan optimal, maka selanjutnya serahkan segala keputusan kepada Yang Maha Kuasa. “Syukuri apa yang kita miliki, jangan pernah berburuk sangka terhadap kuasa-Nya, maka Allah akan menambahkan segala nikmat-Nya kepada kita.” pesan Chairul Tanjung. Ia selalu berpesan kepada setiap pengusaha untuk terus mensyukuri keberhasilan yang mereka dapatkan hari itu, dan terus ikhtiar dan bertawakal untuk mencapai puncak kesuksesan yang diinginkan.
4. CIPUTRA (lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931; umur 84 tahun) adalah seorang insinyur dan pengusaha di Indonesia. Ia terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra. Pada 2011, Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia, Ir. Ciputra menduduki peringkat ke-27 dengan total kekayaan US$ 950 juta[1].
7 Kunci Sukses Ciputra : 1. Layani masyarakat Layanan masyarakat menjadi sebuah prioritas pertama. Masyarakat harus dilayani sebaik mungkin. Bahkan jika mungkin dan bisa, kita harus berikan melebihi apa yang masyarakat berikan pada kita. 2. Cetak untung Pak Ci menempatkan tujuan ekonomi sebagai kunci suksesnya yang kedua. Pada dasarnya memang tidak ada lagi perusahaan yang didirikan tanpa motif mencari untung. Keuntungan harus diperoleh untuk menjamin pertumbuhan dan keberlangsungan operasional perusahaan serta menjamin kebutuhan para pemegang saham serta karyawannya 3. Kembangkan SDM Sebagai penganut teori Z, wajar jika Pak Ci menempatkan pengembangan sumber daya manusia sebagai kunci suksesnya yang ketiga. Sumber daya manusia bukan hanya alat untuk mencapai tujuan tetapi tujuan itu sendiri justru adalah meningkatkan nilai SDM. 4. Kokohkan organisasi Pengokohan organisasi menjadi kunci sukses berikutnya. Senada dengan teori McKinsey yang menyatakan bahwa organisasi terbentuk atas kesamaan pandangan hidup, sasaran, jalan pikiran dan nilai-nilai yang semuanya membentuk suatu budaya perusahaan (company culture). Banyak perusahaan gagal karena absennya unsur kesamaan ini. 5. Kendalikan mutu Pengendalian mutu tentu tidak dapat lagi diabaikan sebagai elemen kunci sukses mengingat situasi kompetisi yang makin tajam dan ketat. Di lingkungan Pembangunan Jaya, kualitas yang dimaksud bukan hanya kualitas produk yang dihasilkan tetapi yang lebih penting ialah kualitas manusia yang menghasilkan produk itu. 6. Jaga produktivitas dan efisiensi Kunci berikut ialah produktivitas dan efisiensi yang secara makro sering menjadi semboyan yang penerapannya perlu dicermati. Dunia sebetulnya sedang menghadapi bahaya besar saat di satu sisi manusia menjadi semakin produktif tetapi di sisi lain tingkat konsumsi tidak naik sepesat itu. Dunia bisa menghadapi sebuah situasi kelebihan suplai karena produktivitas manusia terlalu tinggi dibandingkan konsumsinya. 7. Berinovasi dan berkreasi Yang terakhir tetapi tidak kalah pentingnya ialah inovasi dan kreativitas. Dengan semakin dinamisnya perkembangan jaman, akan selalu muncul produk-produk baru di pasaran yang membuat produk-produk sebelumnya menjadi ketinggalan. Tanpa inovasi akan sangat sukar bagi suatu perusahaan untuk mempertahankan keberadaannya. Inovasi mencakup berbagai aspek seperti produksi, teknologi, manajemen, dan sebagainya.

KEJAR TARGET (TUGAS 2)
Dalam melakukan observasi sebelum saya memulai usaha dibidang jasa rental mobil, saya melakukan promosi / observasi terhadap lingkungan tempat kerja istri saya disebuah rumah sakit dan hasilnya mereka sangat menerima baik dari segi harga, prosedur aturan yang kita terapkan dan dari segi pelayanan. karna usaha tersebut rawan dengan resiko penggelapan mobil maka segmentasi pasar diawal hanya orang-orang yang dikenal saja atau direkomendasikan dari teman yang dipercaya. jadi usaha jasa yang saya lakukan ini tidak ada penolakan, ragu-ragu, tidak peduli dari bakal calon customer yang saya jadikan objek observasi justru mereka sangat antusias karena selama ini jika mereka harus meminjam jasa rental mobil ditempat umum yang tidak dikenal syaratnya sangat ketat, tapi jika menggunakan jasa rental mobil yang dikenal syaratnya sangat mudah mengingat jasa rental mobil 100 persen modal kepercayaan bukan hanya sekedar mendapatkan konsumen dan uang saja.  sekian hasil observasi saya pak dedy budiman sebelum memulai usaha dibidang rental mobil,,,,ada satu pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada pak dedy budiman, apakah usaha jasa rental mobil masih bisa exist untuk jangka menengah atau jangka panjang?mengingat sekarang sudah bermunculuan jasa taxi online seperti grab, uber n gojek....terimakasih sebelumnya atas jawabannya,,,salam entrepreneur...

KEJAR TARGET (TUGAS 3)
pengalaman saya pada waktu melakukan promosi usaha saya dibidang jasa rental mobil menggunakan kartu nama kebanyakan pertanyaan mereka adalah sama yaitu harga dan kondisi barang yang direntalkan. pada awalnya mereka keberatan dengan harga yang saya tawarkan yaitu Rp. 300.000/24 jam mengingat ditempat lain ada yang Rp. 250.000/24 jam. tapi sebelum mereka menghakimi bahwa barang yang saya tawarkan adalah mahal maka saya bertanya lebih dulu kepada mereka apakah dengan anda menggunakan jasa rental mobil seharga Rp 250.000/24 jam anda puas dengan kondisi barang yang anda pakai, sebagian besar menjawab tidak puas bahkan kecewa karena mobil yang diberikan pada saat mau dipakai rata-rata mobil usia 3 tahun ketas jadi bisa dipastikan kondisi interior sebagian sudah mengalami kerusakan dan aroma mobil tidak wangi walaupun tampak bersih baik dari luar maupun dalam mobil,tidak ada asuransi kendaraan, kendaraan tidak enak pada waktu dikemudikan. setelah mereka menjelaskan kekecewaannya maka saya pun menjelaskan kondisi barang rental yang saya tawarkan yaitu mobil baru dibawah 3 tahun, asuransi allrisk, kondisi bersih dan wangi, service secara berkala jadi nyaman untuk dikemudikan baik jarak pendek maupun jarak jauh. setelah saya jelaskan sedemikian rupa keberatan dan penolakan calon konsumen pada umumnya hilang dengan kelebihan produk yang kita tawarkan dan lebih-lebih bila kita garansi. karena pada umumnya untuk harga yang selisihnya tidak terlalu signifikan itu bukan masalah bagi konsumen rental mobil yang penting aman dan nyaman ketika mobil tersebut dikendarai terutama mau luar kota dan jarak jauh.jadi saya berani menawarkan harga sedikit mahal daripada kompetitor tapi dengan jaminan konsumen tidak akan pernah kecewa dengan kondisi mobil yang saya tawarkan.....sekian pak dedy budiman mohon komentarnya....terimakasih

STAND UP SELLING


TUGAS 1_TENTUKAN TUJUAN
Target presentasi saya untuk jangka panjang dalam hal ini adalah para user/direksi/purchasing diperusahaan-perusahaan untuk pengadaan sewa mobil.

TUGAS 2_TEKNIK OPENING PRESENTATION
Teknik kutipan: Selamat pagi, menurut orang sukses perusahaan yang hebat adalah perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannya termasuk fasilitas transport, untuk itu saya mau menjelaskan bagaimana perusahaan ini
dapat memberikan fasilitas mobil kepada karyawan yang berprestasi agar lebih solid dan loyal tanpa harus mengeluarkan budget yang besar.
Teknik melibatkan Pendengar: selamat pagi buat ibu yang cantik diujung sana bisa maju kedepan tolong ibu duduk dikursi kayu yang telah disediakan, apa yang anda rasakan?pasti tidak enak, keras dan tidak nyaman. silahkan kembali kekursi ibu yang empuk tadi dan rasakan perbedaaannya. disini saya mau menjelaskan bagaimana memberikan fasiltas yang murah agar kinerja karyawan maksimal sehingga perusahaan semakin cepat berkembang.
Teknik bertanya: selamat pagi, apakah disini ada perusahaan yang karyawannya belum punya mobil operasional?jika belum saya doakan tahun ini sudah punya semua jika berkerja sama dengan saya,...hehehee... 


TUGAS 3_IDENTIFIKASI KEBUTUHAN
Dalam usaha jasa rental mobil ada beberapa hal dalam mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan, antara lain: 
1. pelanggan membutuhkan harga relatif murah 
2. pelanggan membutuhkan mobil yang baru dan terawat (baik interior / exterior) 
3. pelanggan membutuhkan driver yang professional 
4. pelanggan membutuhkan rental yang dapat dipercaya dalam arti kondisi mobil yang disewakan harus sesuai dengan kondisi realnya untuk menghindari kerusakan dalam perjalanan 
5. pelanggan membutuhkan pelayanan prima jika terjadi kerusakan mobil dalam perjalanan yang disebabkan oleh kelalaian pengelola dalam hal perawatan mesin maka wajib cepat tanggap untuk mengirim mobil lainnya kelokasi kejadian tanpa harus menunggu lama 

TUGAS 4_SOLUSI PERMASALAHAN
Dari 5 hal yang saya identifikasi dalam menghadapi permasalahan / kebutuhan pelanfgan maka saya berikan beberapa solusi dibawah ini untuk menjawab permasalahan tersebut, antara lain:
1. saya melakukan survey harga pasar terlebih dahulu dan pasti saya akan berikan harga relatif murah dari harga pasar yang ada karena saya pendatang baru dalam usaha ini
2. saya akan membeli mobil baru untuk memenuhi permintaan pasar serta umur pemakaian mobil tersebut maksimal saya batasi 3 tahun dan akan melakukan perawatan secara berkala sehingga mobil tersebut tetap prima
3. Dengan sistem dan management yang saya lakukan saat ini sudah pasti untuk memberikan perjalanan yang berkualitas tinggi sayaakan merekrut driver2 yang professional
4. saya akan memberikan mobil yang benar-benar prima sehingga konsumen tidak kecewa jadi mobil yang saya rentalkan sudah pasti nyaman buat melakukan perjalanan, dan saya tidak perlu menceritakan kondisi minusnya mobil yang akan disewakan karena dengan umur pemakaian tidak lebih dari 3 tahun serta perawatan secara berkala sudah pasti mobil selalu prima
5. jika ada terjadi hal yang demikian sepanjang perjalanan mengalami kerusakan maka sudah pasti itu menjadi tanggung jawab pengelola dan segera mungkin mengirimkan mobil lain sebagai gantinya buat melanjutkan perjalanan tanpa harus menunggu waktu lama





Share this video :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. Namitha Gallery - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger